Klik untuk mendengarkan versi audio!

Ubayy ibn Ka’b radhiyallāhu ‘anhu tumbuh pada mulanya sebagai rahib Yahudi di Madinah namun memeluk Islam dan ikut serta dalam Baiat Al-‘Aqabah yang kedua di Mekkah. Selepas wafat Sang Nabi, sejumlah Shaḥābat datang menyetorkan hafalan Al-Qur’an kepada beliau, seperti Ibnu ‘Abbās dan Abū Hurayrah radhiyallāhu ‘anhum. Khalifah ‘Umar ibnul Khaththāb sering sekali berkonsultasi kepada beliau. Allah subḥānahū wata’ālā pernah menyebut langsung nama beliau kala memerintahkan Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wasallam membacakan sebagian Al-Qur’an kepada Ubayy ibn Ka’b.
Sehari-harinya sosok yang disebut Rasulullah sebagai Shaḥābat yang paling menguasai qirā-āt ini menyibukkan diri beribadah ritual di Masjid Nabawiyy, semisal salat dan zikir. Hanya saja jika ada yang datang bertanya atau sudah tiba waktu majelis ilmu, maka beliau pun meninggalkan ibadah ritualnya tersebut. Di antara murid beliau dalam qirā-āt ialah Abū ‘Abdirraḥmān As-Sulamiyy dan Zirr ibn Ḥubaisy, yang keduanya kelak menjadi guru bagi ‘Āshim, salah satu imam qirā-āt.
Karena wafat relatif cukup dini, sepekan sebelum dibunuhnya Khalifah ‘Utsmān ibn ‘Affān tahun 35 H, serta lebih fokus di pengajaran qirā-āt dan tafsir, beliau belum sempat menyampaikan banyak sekali riwayat hadis yang telah beliau hafalkan dari Nabi Muhammad shallallāhu ‘alaihi wasallam kepada para tābi’īn. Dari situlah beliau hanya berada di peringkat ke-25 dalam daftar periwayat hadis terbanyak dari kalangan Shaḥābat dengan periwayatan 164 hadis. Kepemimpinan beliau dalam keulamaan Madinah diwariskan kelak kepada Ibnu ‘Umar radhiyallāhu ‘anhumā. Di antara kata-kata mutiara beliau ialah:
“Orang beriman hanyalah berada di antara empat kondisi: jika diberi kesulitan, bersabar; jika diberi nikmat, bersyukur; jika berkata, jujur; dan jika memutuskan, berlaku adil.”