Ketika kita sampai kepada bab Isim-isim Manṣūb pada matan Al-Ājurrūmiyyah, maka Muṣannif Ibnu Ājurrūm aṣ-Ṣanḥaji (w. 723H) mengatakan bahwa isim-isim manṣūb berjumlah 15 dan Beliau menyebutkannya satu persatu. Akan tetapi ternyata beberapa ulama berbeda pendapat dengan rinciannya tersebut. Ada yang berpendapat bahwa isim-isim manṣūb yang disebutkan berjumlah 15, tapi tidak sedikit pula yang beranggapan hanya 14. Salah satu ulama yang menafsirkan benar ada 15 adalah Asy-Syaikh Ḥassan bin Alī al-Kafrāwiyy (w. 1202H), beliau mengatakan:
وَقَوْلُهُ: (خَمْسَةَ عَشَرَ) أَيْ: يَعُدُّ الظَّرْفَيْنِ وَاحِدًا كَخَبَرِ كَانَ وَأَخَوَاتِهَا، وَاسْمِ إِنَّ وَأَخَوَاتِهَا، وَعَدَّ التَّوَابِعُ أَرْبَعَةً
[Syarḥ al-Kafrāwiyy al-Ājurrūmiyyah, hal. 212]
Jadi rincian kelima belas isim-isim manṣūb adalah sebagai berikut:
- Maf̒ūl bih
- Maṣdar
- Ẓaraf Zamān dan Makān
- Ḥāl
- Tamyīz
- Mustaṡna
- Isim Lā
- Munādā
- Maf̒ūl min Ajlih
- Maf̒ūl Ma̒ah
- Khabar Kāna & saudarinya, dan Isim Inna & saudarinya
- Na̒at kepada Isim Manṣūb
- ‘Aṭaf kepada Isim Manṣūb
- Taukīd kepada Isim Manṣūb
- Badal kepada Isim Manṣūb
Tetapi tidak sedikit ulama yang menganggap bahwa rincian isim-isim manṣūb yang disebutkan tidak seperti itu. Salah satunya adalah murid dari muridnya Muṣannif sendiri yaitu Asy-Syaikh Abu Zaid al-Makkūdiyy (w. 807H). Menurut beliau isim-isim manṣūb yang dipaparkan oleh Muṣannif hanya berjumlah 14 dengan rincian sebagai berikut:
- Maf̒ūl bih
- Maṣdar
- Ẓaraf Zamān
- Ẓaraf Makān
- Ḥāl
- Tamyīz
- Mustaṡna
- Isim Lā
- Munādā
- Maf̒ūl min Ajlih
- Maf̒ūl Ma̒ah
- Khabar Kāna & saudarinya
- Isim Inna & saudarinya
- Tābi̒ kepada yang Isim Manṣūb (Na̒at, ̒Aṭaf, Taukīd dan Badal)
Dan untuk melengkapinya beliau menjadikan Khabar «مَا» Ḥijaziyyah sebagai isim yang kelima belas, seperti dalam firman Allah:
مَا هَٰذَا بَشَرًا﴾ يوسف: ٣١﴿
[Syarḥ al-Makkūdiyy ̒ala al-Ājurrūmiyyah, hal. 96]
Berbeda menurut Asy-Syaikh ̒Abdur Raḥmān bin Qāsim (w. 1392H) dalam kitabnya Ḥāsyiyyah al-Ājurrūmiyyah, beliau mengatakan:
وَالْخَمْسَةَ عَشَرَ: الْمَنْصُوْبُ بِنَزْعِ الْخَافَضِ
[Ḥāsyiyyah al-Ājurrūmiyyah, hal. 93]
Jadi yang kelima belas menurut beliau adalah al-manṣūbu binaz̒i al-khāfaḍ (dinaṣabkan dengan menghilangkan yang menjarrkan). Atau ada juga yang mengistilahkannya dengan nā-ibul ẓarfi (pengganti ẓaraf), misalnya: التَّوْحِيْدُ لُغَةً الِفْرَادُ asalnya adalah التَّوْحِيْدُ فِي اللُّغَةِ الِفْرَادُ (Tauhid secara bahasa artinya adalah menunggalkan).
Lain halnya menurut Asy-Syaikh Ṣāliḥ al-̒Uṣaimī. Menurut beliau isim yang kelima belas adalah dua Maf̒ūl dari Ẓanna & saudarinya, beliau mengatakan:
<إِنَّ الْمَنْصُوْبَ الْخَامِسَ عَشَرَ هُوَ أَحَدُ مَا تَقَدَّمَ عِنْدَ الْمُصَنِّفِ، وَهُوَ مَفْعُوْلَا <ظَنَنْتُ وَأَخَوَاتِهَا
[Syarḥ al-Muqaddimah al-Ājurrāmiyyah, hal. 73]
Dan banyak ulama yang juga berpendapat sama, di antaranya Asy-Syaikh Muḥammad bin Ṣāliḥ Al-‘Uṡaimīn (w. 1421H) dalam kitabnya Syarḥ al-Ājurrūmiyyah dan Asy-Syaikh Ibnu Hājj al-Abdariyy al-Fāssiyy (w. 737H) yang dinukilkan oleh Asy-Syaikh Mālik bin Sālim bin Maṭar dalam kitabnya Al-Mumti’ Fī Syarḥ al-Ājurrūmiyyah.
Sumber:
- Syarḥ al-Kafrāwiyy al-Ājurrūmiyyah oleh Asy-Syaikh Ḥassan bin Alī al-Kafrāwiyy
- Syarḥ al-Makkūdiyy ̒ala al- Ājurrūmiyyah oleh Asy-Syaikh Abu Zaid al-Makkūdiyy
- Syarḥ al-Muqaddimah al- Ājurrāmiyyah oleh Asy-Syaikh Ṣāliḥ bin ̒Abdullah bin Ḥamad al-̒Uṣaimī
- Ḥāsyiyyah al-Ājurrūmiyyah oleh Asy-Syaikh ‘Abdur Raḥmān bin Qāsim
- Syarḥ al-Ājurrūmiyyah oleh Asy-Syaikh Muḥammad bin Ṣāliḥ Al-‘Uṡaimīn
- Al-Mumti’ Fī Syarḥ al-Ājurrūmiyyah oleh Asy-Syaikh Mālik bin Sālim bin Maṭar