PESANTalk 21st Edition dan Halal Bihalal

sesi foto bersama

الحمد الله الذي أنزل القرآن على عبده ليكون للعالمين نذير، والصلاة والسلام على رسول الله بشير ونذيرا. صلاة و سلام عليه وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.

Alhamdulillah, pada hari Ahad, 15 Mei 2023, telah diadakan kegiatan PESAN TALK 21st edition yang bertempat di Kantor Pusat Yayasan BISA.

Pada kesempatan kali ini, narasumber yang diundang yaitu Dr. Oni Sahroni (Anggota Dewan Syariah Nasional MUI, Konsultan Muamalah Daily dan Bank Syariah Indonesia) yang akan menyampaikan materi PESAN TALK dengan tema “Implementasi Fikih Muamalah Kontemporer dalam Dunia Kerja: Menjaga Prinsip-Prinsip Islam dalam Berkarir”.

Secara garis besar, materi yang disampaikan oleh beliau adalah sebagai berikut.

Sebagai muslim yang baik, penting bagi kita untuk mencapai kesejahteraan finansial yang kokoh. Hal ini memungkinkan kita untuk lebih mudah berdakwah, berbagi, dan berbuat kebaikan. Dan juga, jangan sampai kegiatan yang menyita waktu kita paling banyak, malah membuat kita masuk ke dalam neraka. Na’udzu billahi min dzalik.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kita memiliki pendapatan yang berkah:

  1. Niat yang tulus karena Allah.
  2. Menjalani pekerjaan dengan totalitas dan profesionalisme yang tinggi.
  3. Halal dari segala sisi.
  4. Melaksanakan kewajiban berzakat.

Kemudian, diakhiri dengan beberapa pertanyaan dari thullab dan thalibat. Di antaranya tentang apakah BSI sudah syari’ah? Ustaz Oni menjawab, “Iya, insyaAllah BSI sudah on the track”. Ada juga yang bertanya mengenai gaji kita baiknya digunakan untuk apa? Ustaz Oni menjawab, (1) penuhi kebutuhan mendasar dahulu, (2) jika gaji di atas 6,3 juta/bulan, tunaikan zakat dahulu sebanyak 2.5%, (3) sediakan untuk dana darurat, setelah itu investasi setelah kriteria 1-3 terpenuhi.

Setelah kegiatan PESAN TALK, diadakan lagi kegiatan halal bihalal dan jalsah rahah. Saling bermaaf-maafan dan saling bercerita agar bisa saling menghargai dan memahami satu sama lain.

Semoga Ilmu yang disampaikan dapat diamalkan, menjadi motivasi bagi mahasantri/wati agar mencari pendapatan yang berkah, serta bermanfaat untuk kehidupan mahasantri ke depan. Dan juga, semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim keluarga besar PESAN BISA. Aamiin Yaa Rabbal’alamin.

Untuk video rekamannya dapat disaksikan pada kanal Youtube kami Pesantren Kosan BISA

Waffaqanallahu waiyyakum.

==========================
Situs Web : www.pesan.bisa.id
Instagram : @pesan_bisa
Email : pesantrenkosan@bisa.id
YouTube : Pesantren Kosan BISA

Pesantren Kosan BISA
Intelek, Moderat, Kaffah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *