📗 Apa itu KULIAH BISA? 📗
Kuliah BISA adalah kuliah INFORMAL jarak jauh (online) selama 2 tahun (4 semester) yang mempelajari ilmu islam dan bahasa Arab secara terarah dan terukur dengan metode belajar dan evaluasi yang sistematis. Beberapa bidang ilmu yang dipelajari seperti ilmu aqidah, fiqih, hadits, dan bahasa Arab.

bisa x5.cdr

🚩 Apa tujuan KULIAH BISA? 🚩
Kami berkomitmen memberikan fasilitas kepada siapa saja yang belum kesampean menimba ilmu agama di pesantren dan ma’had untuk bisa mempelajari kitab-kitab yang dipelajari di ma’had atau pesantren. Apapun profesi Anda, apakah anda seorang guru, dokter, professional, karyawan, pns, pedang, semua punya hak akses kepada sumber belajar ilmu islam dan Bahasa Arab.

👍 Apa kelebihan KULIAH BISA? 👍🏼
Belajar islam dan Bahasa Arab tanpa batasan JARAK, USIA, dan WAKTU yang memadukan diskusi interaktif via Whatsapp dengan sistem pembelajaran berbasis website dengan aplikasi MOODLE yang telah diakui dunia serta menggunakan kitab-kitab yang umum dipelajari di pesantren dan ma’had dengan pendekatan belajar yang modern. Belajar Islam dan Bahasa Arab dalam genggaman insya Allah!

📜 Metode Belajar di BISA 📜
Kegiatan Belajar Mengajar hanya dilakukan hari Sabtu dan Ahad setiap pekannya. Anda masih bisa melanjutkan kesibukan anda sehari-hari!

Hanya ada 1 kuis per pekan dan 1 tugas per bulan untuk setiap mata kuliah!
Setiap materi akan dilengkapi dengan diktat tertulis (pdf siap unduh) dan penjelasan audio yang bisa diunduh dari web dan juga dibagikan di grup WhatsApp
Setiap bulan, akan diadakan muhadharah ‘aam secara online melalui aplikasi seminar berbasis web (Youtube, Radio Streaming)

Sistem evaluasi ada 4: Kuis sepekan sekali, tugas sebulan sekali, Ujian tengah semester dan Ujian akhir semester dengan bobot penilaian kuis 10%, Tugas 30%, UTS 20%, dan UAS 40%. Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 60 untuk setiap mata kuliah. Mahasantri yang nilainya di bawah 60, wajib mengulang pada semester berikutnya.

👤 Pengajar KULIAH BISA 👤
Kami mengambil dosen dan asisten dosen dari lulusan universitas Islam terkemuka. Untuk pengajar Semester 1:
• Ilmu Sharaf Untuk Pemula: Abu Razin (Alumni Teknik Metalurgi UI dan Fak. Dakwah dan Ushuludin MEDIU)
• Ilmu Aqidah: Ehma Hasan Ayatullah Asy’ari, M.A (Mahasiswa S3 Fak Hadits Univ Islam Madinah)
• Ilmu Hadits: Arif Fathul Ulum, Lc (Alumni Fak Hadits Univ Islam Madinah)

Pengajar semester selanjutnya dalam konfirmasi

👥 Persyaratan Peserta 👥

✅ Muslim/ah yang mampu membaca Al Qur’an dengan lancar
✅ Berusia di atas 16 tahun ke atas dan berkomitmen menyelesaikan kuliah sampai tuntas
✅ Memiliki smartphone yang mampu menjalankan WhatsAp
✅ Sebaiknya memiliki komputer atau laptop yang bisa mengakses Learning Management System (LMS). Ini tidak wajib, hanya saja lebih nyaman mengakses LMS melalui Komputer atau Laptop.
✅ Membayar Biaya Kuliah

VIDEO TENTANG KULIAH BISA:

Program KULIAH BISA dibuka 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari-Februari dan Bulan Agustus-September. Informasi selengkapnya di situs Kuliah BISA.