Sebagai upaya untuk membantu kesulitan-kesulitan dalam menghafal dan memahami hadits-hadits Nabi, perlu adanya sarana yang memfasilitasi agar tercipta lingkungan yang dapat memberikan motivasi dan semangat menghafal bersama yang tepat.

Untuk itulah kami meluncurkan sebuah program berjenjang yang kami beri nama JODOH (Just One Day One Hadith), dimana peserta diminta untuk menghafal 1 hadits sangat pendek setiap harinya selama kurang lebih 2 bulan saja.

Program ini menggunakan kitab hadits yang sebenarnya ditulis untuk hafalan hadits anak-anak SD sehingga sangat mudah untuk dihafal orang dewasa. Terbukti,  ratusan orang telah teruji mampu menghafal puluhan bahkan ratusan hadits.

Hadits yang dihafal pada program ini bersumber dari kitab ”Shahih al-Jami’ Ash-Shogir” buah karya ulama pakar hadits abad ini “Syaikh al-Albani rahimahullah” yang tidak di ragukan lagi akan kepiawaiannya mentakhrij hadits dan memilah antara yang shohih dan dhoif.

Cara Belajar

Setiap level, hadits yang dihafal adalah 50 hadits, yang akan dihafal dalam waktu 2 bulan. Peserta diwajibkan menyetor hafalan haditsnya setiap hari Senin sampai Jum’at (5 hadits per pekan), dengan pengulangan hafalan perpekannya.

Setiap hadits akan dijelaskan faidahnya
oleh Ustadz Arif Fathul Ulum, Lc (Alumnus Fakultas Hadits UIM) dan para Asatidzah lainnya dari LIPIA dan Universitas Islam Madinah.

Pada akhir program, peserta akan diuji hafalannya dengan cara peserta menelpon pembimbing kemudian peserta akan ditanya secara acak hadits-hadits yang telah dihafal pada setiap levelnya.

Peraturan Program JODOH

  • Wajib menghafal setiap harinya satu hadits, dimana peserta wajib merekam hafalan teks arab beserta terjemah kemudian mengirimnya ke pembimbing via whatsApp mulai dari ba’da shubuh hingga pukul 21.00 WIB.
  • Peserta yang empat kali (4x) berturut-turut atau lima kali (5x) tidak berturut-turut tidak menyetor hafalan hadits akan di keluarkan dari kelas.

Persyaratan Peserta

  • Mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar.
  • Memiliki koneksi internet yang memadai
  • Memiliki Smartphone yang bisa menjalankan whatsapp.
  • Pernah belajar bahasa arab dasar.
  • Umur diatas 16 Thn
  • Untuk calon peserta wanita yang bersuami, mohon ijin terlebih dahulu dengan suaminya

Contoh Hadits yang dihafal:

Pendaftaran dan Selengkapnya: www.programjodoh.com