Filosofi

Program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab) adalah program kursus non formal jarak jauh yang diluncurkan sebagai bagian dari cita-cita untuk sebanyak mungkin membantu umat Islam agar bisa “melek” ilmu islam & bahasa Arab di tengah-tengah kesibukan dalam menjalani aktivitas keseharian masing-masing.
Program BISA sengaja dirancang dengan silabus dan kurikulum yang telah disesuaikan untuk seluruh tingkatan pemahaman dan profesi sehingga orang yang belum belajar bahasa Arab sekalipun insya Allah bisa menuntaskan program BISA dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan online via aplikasiWhatsapp Messenger masing-masing 90 menit yang dilaksanakan setiapminggu sore (Pukul 16.00-17.30).
Tidak memandang apapun pekerjaan Anda, apakah Anda pegawai kantoran, PNS, ibu-ibu rumah tangga, maupun pengusaha, semua berhak untuk mempelajari bahas Arab; bahasa kitab suci kita, bahasa nabi kita, dan bahasa kita kelak di surga insya Allah.
Mempelajari ilmu bahasa Arab sangatlah penting, karena ia adalah kunci untuk memahama Islam secara sempurna. Karena Al Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab. Hadits-hadits Rasulullah juga dalam bahasa Arab. Lautan ilmu Islam yang tersebar dalam kitab-kitab para ulama juga dalam bahasa Arab. Maka langkah pertama untuk memahami Al Qur’an dan Sunnah Nabi kita, adalah dengan memahami bahasanya. Benarlah ungkapan seorang penyair yang berkata:

 

النَّحْوُ أَوْلَى أَوَّلاً أَنْ يُعْلَمَ    ٭ إِذِ الكَلاَمُ دُوْنَةُ لَنْ يُفْهَمَ

 

“Ilmu Nahwu (bahasa Arab) adalah ilmu pertama yang paling utama untuk dipelajari.. Karena perkataan (Baik perkataan Allah maupun Rasulullah) tanpanya tak akan bisa dipahami”

 

Insya Allah, dengan mengikuti program BISA, atas karunia dan kemudahan dari Allah,  Anda akan BISA memahami bahasa Arab! BISA!

 

Akhukum Fillah,

 

Khairul Umam, S.T, B.A
Ketua Yayasan BISA