1Apa itu Yayasan BISA?
Yayasan BISA adalah yayasan bertekad memudahkan siapa saja yang ingin belajar bahasa arab dan ilmu Islam secara online yang memanfaatkan kemajuan teknologi seperti website, email, dan WhatsApp.
2Apa saja program yang ditawarkan?

Alhamdulillah sejauh ini ada 11 program yang berjalan:

  1. Program BISA (Belajar Ilmu Sharaf)
  2. Program BINA (Belajar Ilmu Nahwu)
  3. Program NIKAH (Nahwu dengan Ilmu Akidah
  4. Program SAKINAH (Bisa Fikih dengan Nahwu)
  5. Program KORAN (Kosakata Harian Bahasa Arab)
  6. Program JODOH (Just One Day One Hadith)
  7. Program MODIST (Moesthalah Hadits)
    KULIAH BISA
  8. Percakapan Bahasa Arab
  9. Pesantren Kosan (PESAN BISA)
  10. Program MAHAR (Terjemah Bahasa Arab)
  11. Kelas Tatap Muka
3Apakah pemula bisa belajar di BISA?
Justru Kami hanya menerima pemula. Kami ingin menunjukkan bahwa bahasa Arab itu mudah dan menyenangkan bila dibarengi dengan komitmen insya Allah.
4Bagaimana Cara belajar di Program BISA?
Kami memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana utama kemudian email sebagai sarana pendukung. Berikut metode belajar kami: 1. Kelas Rutin  Kelas rutin hanya dilakukan setiap hari Minggu sore pukul 16.00-17.30. Pada kelas rutin ini, peserta akan diberikan pelajaran dalam bentuk audio untuk disimak.
Contoh Kelas Rutin
2. Tugas Mingguan Setiap akhir kelas rutin, peserta akan diberikan 2 jenis tugas, tugas hafalan dan tugas tulisan. Peserta diberi waktu hingga hari jumat untuk mengerjakan tugas. Semua tugas akan diperiksa secara teliti oleh masing-masing guru kelas.
 Contoh Tugas Tulisan yang dikerjakan oleh peserta
Contoh Tugas Hafalan Yang Disetor Peserta
3. Tanya Jawab Peserta diperbolehkan bertanya kepada guru sewaktu-waktu bila menemui kesulitan dalam memahami materi.
Contoh Tanya Jawab
4. Kuis Diantar hari senin-jumat di luar jam kerja, peserta akan diberikan kuis yang tujuannya adalah memantapkan pemahaman peserta terkait materi pekan tersebut. 5. Pemanasan Setiap sabtu dan minggu sebelum kelas rutin dimulai, peserta akan dirangsang untuk menggali materi yang akan dipelajari pada pekan tersebut. 6. Pengumuman Nilai Untuk menghargai jerih payah peserta dalam mengerjakan tugas, setiap pekannya, nilai akan diumumkan.
Contoh Daftar Nilai Peserta
7. Pemberian Sertifikat
Bagi peserta yang berhasil menyelesaikan kegiatan belajar sampai ujian akhir, akan mendapatkan sertifikat kelulusan lengkap dengan perolehan nilai akhir dan predikatnya.
Contoh Sertifikat Alumni
5Apakah lulusannya akan mendapat sertifikat?
Naam. Semua yang lulus hingga ujian akhir insya Allah akan diberikan sertifikat digital.
6Apakah program BISA berizin resmi?
Sampai sejauh ini program belajar Kami masih informal. Namun, Kami ada rencana untuk menjadikan program BISA ini diakui secara resmi oleh negara dengan membentuk lembaga pendidikan bila dananya memadai.
7Kenapa program BISA gratis?
Kami telah berkomitmen untuk tidak membebani peserta dengan biaya pendaftaran. Ini juga agar peserta tidak merasa berjasa kepada Program BISA sehingga akan mengurangi ketegasan dan kedisiplinan Kami dalam menangani kelas.
8Kenapa ada sistem drop out?
Sudah menjadi kebijakan kami, sudah berlalu masa dimana kursus bahasa Arab bubar karena pesertanya mengundurkan diri satu per satu hingga akhirnya kursusnya bubar. Kami balikkan keadaan! Kami keluarkan peserta yang tidak komitmen satu per satu hingga tersisa peserta yang niatnya sungguhan. Tegas!
9Bagaimana cara mendukung program BISA?
Karena program BISA gratis, selama ini Kami hanya mengandalkan kerelaan dari para mudarris untuk mengajar di program BISA. Kami ada rencana untuk membentuk tim khusus dengan lembaga resmi (yayasan) supaya program BISA bisa dijalankan secara profesional dan bisa menerima lebih banyak peserta dan dapat menjalankan lebih banyak program. Bagi yang ingin memberikan bantuan, silahkan klik info donasi di halaman http://programbisa.com/laporan-donasi/

3 Comments

  1. fitriah rahmawati says:

    assalamualaikum ,min saya mau mengikuti belajar bahasa arab lewat whatsup kira-kira buka lagi bulan apa ?

  2. Budi says:

    Mau tanya, apakah mereka yang pernah di Drop Out dr kelas program BISA, masih diberi kesempatan utk mendaftar lagi di periode angkatan berikutnya? Ataukah sudah tidak bisa alias masuk blacklist?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *